DAIHATSU BEKASI MAP


Lihat Astra Daihatsu Map di peta yang lebih besar
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 09 Agustus 2011

ENVIRONMENT SOCIAL RESPONSIBILITY

UJI EMISI


Emisi gas yang dihasilkan oleh pembakaran kendaraan bermotor pada umumnya berdampak negatif terhadap lingkungan. Sehingga perlu diambil beberapa langkah untuk dapat mengendalikan gas buang yang dihasilkan. Salah satu caranya adalah dengan pemeriksaan atau uji emisi berkala untuk mengetahui kandungan gas buang kendaraan yang berpotensi mencemari lingkungan. Dalam gas buang kendaraan terdapat beberapa unsur yang dapat diukur. Diantaranya : CO (Carbon Monoxida), CO2 (Carbon Dioxida), HC (Hydro Carbon), NOx (Nitrogen Oxida), O2 (Oxygen).

Gas CO (Carbon Monoxida) adalah gas yang dihasilkan dari proses pembakaran yang tidak sempurna bahan bakar atau bahan yang mengandung atom karbon.Pada saat tubuh menghirup gas CO, maka CO akan segera masuk ke dalam darah dan berikatan dengan haemoglobin. CO lebih mudah diikat oleh haemoglobin dibandingkan dengan oksigen atau O2. Akibatnya tubuh akan kekurangan oksigen dan hal ini bisa menimbulkan pusing, sesak nafas, muntah-muntah, kehilangan kesadaran bahkan sampai pada kematian.

Gas CO2 (Carbon Dioxida) yang sangat tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya global warming. Emisi ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil.

O2 (Oxygen) di gas buang kendaraan memiliki konsentrasi yang berbanding terbalik dengan konsentrasi CO2. Untuk mendapatkan proses pembakaran yang sempurna, maka kadar oksigen yang masuk ke ruang bakar harus mencukupi untuk setiap molekul hidrokarbon.

Bensin adalah senyawa HC (Hydro Carbon), jadi setiap HC yang didapat di gas buang kendaraan menunjukkan adanya bensin yang tidak terbakar dan terbuang bersama sisa pembakaran.

NOx (Nitrogen Oxida) adalah ikatan kimia antara unsur nitrogen dan oksigen. Dalam kondisi normal atmosphere, nitrogen adalah gas inert yang amat stabil yang tidak akan berikatan dengan unsur lain. Tetapi dalam kondisi suhu tinggi dan tekanan tinggi dalam ruang bakar, nitrogen akan memecah ikatannya dan berikatan dengan oksigen.


Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Bengkel Pemeliharaan Perawatan Astra Daihatsu Bekasi bekerja sama dengan BPLHD kota Bekasi, DLLAJR kota Bekasi dan Kantor Kementrian Lingkungan Hidup. Turut serta dalam uji emisi yang dilakukan kota Bekasi tepatnya di Harapan Indah pada tanggal 15 Juni 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Dengan komentar anda akan semakin membuat kami untuk lebih mengintrospeksi diri dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki.

ASTRA DAIHATSU BEKASI

Daihatsu Bekasi Slide Show

Copyright © 2010- Daihatsu Bekasi